Perencanaan dan Penganggaran yang Berpihak pada Masyarakat Miskin

Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kota Samarinda yang di ketuai oleh Wakil Walikota Kota Samarinda Bapak Nusyirwan Ismail membuat langkah nyata terhadap pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan kemiskinan dikota Samarinda. Salah satu kegiatan untuk menguatkan program penanggulangan kemiskinan dilakukan  Pelatihan Analisa Perencanaan dan Penganggaran yang berpihak pada Masyarakat Miskin. Pelatihan yang bekerja sama dengan Bappenas dan TNP2K melalui Program Perencanaan dan Penganggaran yang Berpuhak pada Masayarakt Miskin (P3BM) tersebut dilaksanakan tanggal 12 Agustus sampai 15 Agustus 2014 diikuti oleh perwakilan SKPD kota Samrinda yang termasuk didalamnya Konsultan PNPM Kota Samarinda  yang diwakili oleh Widoretno (asmanadat) dan Suyono,SP (Korkot 1 Samarinda).

Tujuan dari pelatihan ini adalah agar semua SKPD yang ada di kota Samarinda memiliki kesadaran dan kemampuan  untuk melakukan Identifikasi, menganalisis dan memetakan  persoalan-persoalan kemiskinan serta mengetahui kebutuhan penanggulangan kemiskinan yang menjadi tanggung jawab pada satuan kerjanya sehingga dalam perencanaan dan penganggaran  pembangunannya berbasis dan berpihak pada masyarakat miskin.

Materi yang disampaikan dalam pelatihan ini meliputi: 1.Memahami Kemiskinan dan Penanggulangannya, 2. Perencanaan dan Penganggaran yang Berpihak pada Masyarakat Miskin: Konsep-konsep Dasar, 3. Mendayagunakan Peran para pemangku Kepentingan, 4.Menyusun Rencana yang Berpihak pada Masyarakat Miskin,5. Menyusun Anggaran yang Berpihak pada Masyarakat Miskin,6.Merancang Implementasi Program-program Penanggulangan Kemiskinan,7.Monitoring dan Evaluasi Program Penanggulangan Kemiskinan, 8. Analisa Tepat Guna untuk Perencanaan dan Penganggaran yang Berpihak pada Masyarakat Miskin dan 9. Membangun Sistem Database MDG’s dan Program Pembangunan untuk Perencanaan dan Penganggaran yang Berpihak pada Masyarakat Miskin.

Sebagai praktek pembelajaran dalam pelatihan ini digunakan sample data dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesahatan, BPS maupun Data KK Miskin hasil Pemteaan Swadaya termasuk alokasi BLM PNPM Mandiri Perkotaan yang telah disalurkan ke kelurahan dengan berbasis Kecamatan.

Dari data-data tersebut kemudian diolah dalam satu sistem Database MDG’s dan Program Pembangunan untuk Perencanaan dan Penganggaran yang Berpihak pada Masyarakat Miskin. Dari pengolahan data tersebut diantaranya menghasilkan peta umum Kota Samarinda, peta lokasi dan daerah miskin dan peta sebaran Keluarga Miskin serta kesesuaian anggaran yang seharusnya dialokasikan untuk penanggulangan kemiskinan di daerah itu termasuk ketepatan sasarannya. Gambaran sementara dari data base tersebut ternyata masih banyak indikator capaian MDGs yang belum tercapai, banyak program penanggulangan yang tidak tepat jumlah/alokasi maupun sasarannya, kurang efektif dan tidak efisien serta masih bersifat sektoral.


Sebagai tindak lanjut dari kegiatan Pelatihan Analisa Perencanaan dan Penganggaran yang berpihak pada Masyarakat Miskin  kota Samrinda ini juga di Luncurkan sistem Database MDG’s dan Pembangunan untuk Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Berbasis Masyarakat Miskin kota Samarinda pada tanggal 18 Agustus 2014 diruang pertemuan Balai Kota Samarinda.

Dengan selesainya Pelatihan Analisa Perencanaan dan Penganggaran yang berpihak pada Masyarakat Miskin sekaligus Peluncuran database MDG’s ini diharapkan memberikan dampak yang siginifikan bagi proses penanggulangan kemiskinan di kota Samarinda yang sudah ada. Penanggulangan Kemiskinan juga diharapkan lebih Efektif, sesuai kebutuhan dan juga tepat sasaran. Untuk mencapai itu diperlukan dukungan dari semua unsur (SKPD, Dunia Usaha dan Masyarakat) maupun dukungan,sinergi dan integrasi  Sumber Dana (APBN,APBD,CSR dan Swadaya Masyarakat) karena ini merupakan amanat dalam Pembukaan UUD 1945 dan sesuai dengan tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah untuk mensejahterakan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.  
Demikian mengutif seperti yang diungkapkan wakil walikota Samarinda bapak Drs. Nusyirwan Ismail selaku ketua TKPKD kota Samarinda pada Peluncuran Database MDG’s dan Pembangunan untuk Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Berbasis Masyarakat Miskin.

Penulis: Suyono
Koordinator Kota 1 PNPM Mandiri Perkotaan kota Samarinda Kaltim

Komentar

Postingan Populer